Sinopsis Buku Sastra dan Ilmu Sastra

yogananta damar | 10/19/2014 | 0 comments

Sinopsis Buku Sastra dan Ilmu Sastra

Judul Buku          : Sastra dan Ilmu Sastra
Penulis                 : A. Teeuw
Penerbit              : Pustaka Jaya
Tahun Terbit      : 1984


Ilmu sastra memiliki obyek penelitian yang tidak tentu, malahan tidak keruan. Sampai sekarang belum ada seorang pun yang berhasil memberikan jawaban yang jelas atas pertanyaan pertama dan paling hakiki, yang mau tak mau harus diajukan oleh ilmu sastra: apakah sastra? Pandangan bahwa sastra adalah bahasa yang khas sudah luas tersebar; khususnya puisi dianggap menunjukan pemakaian bahasa yang spesial, yang hanya diimanfaatkan oleh penyair.
Karya sastra adalah context- dependent speech event, peristiwa ujaran yang tergantung pada konteks: sebelum kita berhasil membaca sebuah karya sastra kita harus telah disiapkan secara mental, harus tahu lewat berbagai petunjuk konvesi sosial, bahwa kita menhadapi karya dalam kategori pemakaian bahasa yang khas.
Tujuan awal dan akhir ilmu sastra,  jelaslah  yang menentukan ciri khasnya  adalah ketegangan antara invention dan convention, antara sistem konvensi yang mengikatnya dan sekaligus yang diatasinya. Peneliti sastra yang tidak memperhatikan ketegangan itu tidak mungkin memahami karya sastra secara tepat.
Nilai karya sastra adalah sesuatu yang variabel. menurut peranan dan faktor-faktor dari model semiotik dalam situasi konkrit. Itulah alasan terakhir dan paling mustahak mengapa ahli sastra harus selalu sadar akan model semiotik karya sastra sebagai dasar penelitiannya.
Dalam ilmu sastra di seluruh dunia dapat diperhatikan minat yang makin meningkat untuk masalah sejarah sastra. Sejarah sastra yang agak terabai bertahun tahun belakangan sekarang ditemukan kembali sebagai cabang ilmu sastra yang memikat.  Di Indonesia tradisi penulisan sejarah sastra masih kurang. Tetapi keterbelakangan ini berangsur-angsur akan dapat diatasi asal dimanfaatkan pengertian dan pengetahuan teori yang faktual yang sekarang telah tersedia.
              
Komentar:
Buku ini dapat membantu pembaca untuk memahami apakah masalah-masalah yang ditimbulkan karya sastra sebai gejala komunikasim khas dan istimewa, serta oendekatan ilmiah mana yang mungkin dipilih dalam penelaahan gejala sastra dalam ciri kesusatraanya.
Selain itu setelah pembaca membaca bab yang begitu rumit masih disediakan juga kesimpulan sebagai bahan pembanding materi yang telah kita pahami.






               

Category:

rumpunsastra.com:
Rumpunsastra.com menyediakan informasi terkait dengan Bahasa dan Sastra Indonesia

0 comments