Publikasi Tulisan Melalui Aplikasi Android Wattpad

yogananta damar | 6/28/2017 | 1 comments

Salah satu hal yang membuat kita gemar untuk tetap menulis adalah apabila tulisan kita dibaca oleh orang lain. Ada perasaan bangga bahwa kita telah mampu menuangkan pikiran kita melalui sebuah tulisan yang kemudian diterima oleh pembaca. Menulis dan publikasi tulisan memiliki pengaruh yang kuat terhadap keberlanjutan tulisan. Sama seperti sebuah sinetron yang jika pemirsanya semakin banyak, biasanya semakin banyak pula episodenya.
Pada era digital seperti sekarang, publikasi tulisan sangatlah mudah. Kenalkah kalian sosok Afi? Siswi SMA yang terkenal karena tulisan-tulisan di dinding facebooknya. Benar apabila pepatah mengatakan bahwa seseorang akan lebih dikenal melalui tulisannya.
Kali ini saya akan membahas mengenai salah satu aplikasi berbasis mobile Android untuk publikasi tulisan. Aplikasi ini bernama Wattpad. Apa kegunaan aplikasi Wattpad? Aplikasi ini berguna bagi kalian yang suka membaca buku -terutama yang gratisan. Eits, tapi jangan berharap yang muluk-muluk, karena yang namanya gratis pasti terdapat beberapa kekurangan. Melalui aplikasi Wattpad ini, selain kita dapat membaca buku secara gratis, kita juga dengan bebas bisa memasukan tulisan kita -dalam bentuk buku. Aplikasi Wattpad menyediakan fitur yang memudahkan kita memasukan halaman-halaman buku. Mulai dari sampul (ada juga aplikasi untuk membuat sampulnya), daftar isi otomatis, dan chapter atau bagian-bagian tulisan.
Menulis di aplikasi Wattpad ini tidak diharuskan harus langsung selesai. Kita bisa menyimpannya sebelum di publikasikan. Kita juga diberikan kemudahan dalam melanjutkan tulisan yang sudah dipublikasikan, ataupun mengeditnya kembali. Hal yang menyenangkan adalah fitur perpustakaan yang dapat membantu kita mengoleksi buku-buku favorit. Selain fitur perpustakaan ada juga fitur follow penulisnya, jadi kita selalu mendapat update terbaru dari tulisan pengarangnya.  Satu fitur yang menarik lagi adalah kita bisa mengomentari tulisan secara langsung pada bagian tulisan. Mirip seperti fitur koreksi.
Saya sendiri sudah mencobanya dan cukup puas dengan aplikasi ini. Aplikasi ini cocok untuk kalian yang suka menulis dengan android. Ayo semangat menulis! Oh iya baca juga tulisan kami dengan tagar #rerivere #lotushijau...like ya ^^..

Category:

rumpunsastra.com:
Rumpunsastra.com menyediakan informasi terkait dengan Bahasa dan Sastra Indonesia

1 comments