Kajian Sastra

yogananta damar | 9/29/2014 | 0 comments

Kajian Sastra

Pengertian Kajian

Kata "kajian" memiliki kaitan paling dekat dengan kata "penelaahan", kemuduan "penyelidikan". Bila mendengar kata "pemeriksaan" misalnya, pikiran kita akan cenderung tertuju pada upaya penanganan kasus yang berkaitan dengan tindak kriminalitas. Beda halnya bila kita mendengar kata "penelaahan","penelitian", dan "pengkajian". Penyebutan tiga kata tersebut mengajak pikiran kita ke dalam dunia ilmu pengetahuan. Dalam hal kata "penyelidikan", konteks bisa mempengaruhi arah maknanya, apakah dalam pengertian "pelajaran yang mendalam" atau dalam rangka melakukan pelacakan atau pengusutan.
Dari uraian tersebut menunjukan bahwa kata "kajian" memiliki pengertian yang luas, yaitu berkaitan dengan "penyelidikan", "penelaahan", dan juga "penelitian". Uraian tentang "pengkajian" selalu mengarah ke dunia pendidikan, baik dalam arti pelajaran maupun pembahasan tentang ilmu pengetahuan. (Wiyatmi, 2009:14)

Pengertian Sastra

Pengertian Kajian Sastra

Seperti yang tertulis di atas, kajian didefiniskan sebagai proses, cara, perbuatan mengkaji; penyelidikan; penelaahan. Dengan demikian, kajian sastra bisa diartikan sebagai proses atau perbuatan mengkaji, menyelidiki, dan menelaah objek material yang bernama sastra. (Wiyatmi, 2009:14)

Category:

rumpunsastra.com:
Rumpunsastra.com menyediakan informasi terkait dengan Bahasa dan Sastra Indonesia

0 comments