Sinopsis Buku Ikhtisar Kesusastraan Indonesia

yogananta damar | 10/19/2014 | 0 comments

Sinopsis Buku Ikhtisar Kesusastraan Indonesia

Judul Buku          : Ikhtisar Kesusastraan Indonesia
Penulis                 : Drs. Nursisto
Penerbit              : Adicita
Tahun Terbit      : 2000

Kata “kesusastraan” berasal dari kata “susastra” yang memperoleh  konfiks “ke-an”. Dalam hal ini, konfiks “ke-an” mengandung makna tentang suatu hal. Kata “susastra” terdiri atas kata dasar “sastra” yang berarti tulisan yang mendapat awalan kehormatan “su” yang berarti baik atau indah. Dengan demikian, secara etimologi kata “ke-susastraan” berarti pembicaraan tentang berbagai tulisan yang indah bentuknya dan mulia isinya
Keindahan bentuk kesusastraan yang kemudian lazim disebut karya sastra. Penampilan fisik karya sastra berupa puisi, prosa, lirik prossa, drama, maupun bentuk karya sastra yang lain, baik yang tergolong ke dalam kesusastraa lama, masa peralihan, sampai kesusastraan modern, bahkan kesusastraan kontemporer pada masa mutakhir.
Sejalan dengan perkembangan kehidupan bangsa Indonesia di bidang sastra, kita mengenal kesusastraan Indonesia lama, kesusastraan Indonesia masa peralihan, dan kesusastraan Indonesia modern. Kesusastraan lama mencerminkan kehidupan masyarakat lama, sedang kesusastraan Indonesia modern mencerminkan kehidupan masyarakat modern.
Dalam perkembangannya kesusastraan Indonesia telah melewati fase-fase kehidupan kesusastraan masa klasik dan masa peralihan. Kesusastraan Indonesia juga diwarnai oleh kondisi kesusastraan Indonesia masa purba, hindu, dan pengaruh islam, sedangkan pada masa kesusastraan Indonesia modern , perkembangan yang terjadi secara kronologis adalah masa balai pustaka, pujangga batu, angkatan 45, angkatan 66, dan angkatan kontemporer.

Komentar:
                Buku ini berisi informasi yang cukup lengkap mengenai kesusastaan indonesia, dalam buku ini juga diketengahkan judul atau isi ringkas sebuah karya sastra yang ditulis oleh pengarangnya. Dengan menyebut judul dan memberikan keterangan tentang hasil karya pengarang, juga memberikan ulasan terhadap sebuah karya sastra menjadikan buku ini lebih mudah dipahami.

Category:

rumpunsastra.com:
Rumpunsastra.com menyediakan informasi terkait dengan Bahasa dan Sastra Indonesia

0 comments