Sinopsis Buku Prinsip-Prinsip Kritik Sastra

yogananta damar | 10/19/2014 | 4 comments

Sinopsis Buku Prinsip-Prinsip Kritik Sastra

Judul Buku          : Prinsip-Prinsip Kritik Sastra
Penulis                 : Prof. Dr. Rachmat Djoko Pradopo
Penerbit              : Gajah Mada University Press
Tahun Terbit      : 2007


Menurut sejarahnya istilah “kritik” berasal dari bahasa yunani krites yang berarti menghakimi. Karya sastra sebagai karya seni perlu mendapat pertimbangan dalam hal mutu seninnya, bermutu atau tidaknya sebagai karya seni. Kepentingan kritik sastra bagi masyarakat pada umumnya untuk penerangan. Segi-segi yang masih gelap hingga menyukarkan pemahaman karya dapat dijelaskan oleh kritik sastra yang baik. Dengan demikian kemampuan pemahaman masyarakat terhadap karya sastra dapat dipertinggi, hingga dengan demikian kegunaan karya sastra dapat diambil sebanyak banyaknya oleh masyarakat.
 Seorang kritikus adalah hakim, maka untuk menjadi hakim , seorang kritikus hendaknya adil. Ia akan adil bila selalu berpegang pada kejujuran, kebenaran, dan tak terpengaruh sentimennya. Kritikus yang benar haruslah berhati hati dalam berfikir dan harus berwawasan lua, tajam penglihatannya, cepat menangkap esensi .
Untuk dapat menilai karya sastra haruslah diketahui norma-norma karya sastra.  Sehingga untuk dapat memberi penilaian setepatnya, mestilah dilihat susunan norma-norma karya sastra karena sebuah karya sastra merupakan suatu sistem norma. Srbab itu, untuk memberi penilaian karya sastra tak dapatlah ditinggalkan pekerjaan menganalisis atau menguraikan karya sastra itu ke dalam unsur-unsurnnya atau sistem normannya.
               

Komentar:

Kritik sastra sangat berguna pula bagi para sastrawan, lebih-lebih sastrawan yang baru mulai mengembangkan bakatnya. Mereka dapat belajar dari kritik sastra yang baik, yang dapat menunjukan kelebihan dan kekurangan karya sastra yang dikritiknya secara objektif.


Buku ini juga menyajikan karya sastra beserta kritikan terhadap karya sastra tersebut. Sehingga kita dapat belajar sekaligus memamantau  juga membenarkan atau menyalahkan hasil kritikan tersebut sesuai dengan pemikiran kita.

Category:

rumpunsastra.com:
Rumpunsastra.com menyediakan informasi terkait dengan Bahasa dan Sastra Indonesia

4 comments