Sinopsis Buku Sejarah Sastra Indonesia Kontemporer

yogananta damar | 10/19/2014 | 0 comments

Sinopsis Buku Sejarah Sastra Indonesia Kontemporer

Judul Buku          : Sejarah Sastra Indonesia Kontemporer
Penulis                 : Antilan Purba 
Penerbit              : Graha Ilmu
Tahun Terbit      : 2010


Sastra Indonesia Kontemporer di dalam bahasa Inggris diistilahkan sebagai contemporery Indonesian literature. Artinya sebagai sastra yang hidup di Indonesia pada masa mutakhir atau sastra yang hidup di Indonesia pada zaman yang sama.
Pembatasan sastra kontemporer hanya terjadi di Indonesia yang muncul sekitar berakhirnya PD II. Angkatan 45 dianggap sebagai embrio sastra kontemporer. Alasannya adalah lahirnya proklamasi dan penggunaan bahasa Indonesia serta nasionalisme.
Tokoh-tokoh sastra kontemporer adalah Chairil Anwar (’45), Toto Sudarto Bachtiar (’50), Sitor Situmonang(“60),  Taufik Ismail (66), Gunawan Mohammad  (Pasca ’66). Soebagio Sastrowardjojo dan Sutardji Calzoum Bachri (’70). Budi Darma.
Puisi Indonesia Kontemporer adalah puisi Indonesia yang lahir di dalam waktu tertentu yang berbentuk dan bergaya tidak mengikuti kaidah puisi lama pada umumnya . Beberapa penulid yang dianggap sebagai bapak cerita pendek Indonesia, seperti Muhamad Kasim, Suman Hs, Armijn Pane, dan Idrus, dari keempat mereka, Muhamad Kasim dan Suman Hs- lah sebagai bapak pertama cerpenis Indonesia
Cerita Pendek Indonesia Kontemporer bermula pada 1930-an.  Dalam sastra Indonesia mpdern, cerita pendek kontemporer mulai berkembang pada 1970-an. Konsep Cerita Pendek Indonesia Kontemporer dapat dikaitka sebagai protes terhadap kepincangan masyarakat pada awal industrialisasi dan juga protes terhadap pengaruh negatif perkembangan IPTEK (krisis EKSOSBUD, politik, anarkisme dsb).
Selain membahas sejarah sastra Indonesia kontemporer, puisi Indonesia kontemporer, cerpen Indonesia  kontemporer, buku ini juga membahas novel, dan karya-karya sastra Indonesia kontemporer beserta tokoh-tokoh/ sastrawan sastrawan sejarah sastra Indonesia beserta karyanya.

Komentar :
Dengan buku ini kita dapat mempelajari sastra Indonesia Kontemporer ini kita bisa mengenal apa itu sastra kontemporer, siapakah tokoh-tokoh/sastrawan Indonesia pada masa itu, karya karya nya, bagaimana sejarah sastra Indonesia pada waktu itu, juga dampak bagi perkembangan sastra Indonesia saat ini.








                 

Category:

rumpunsastra.com:
Rumpunsastra.com menyediakan informasi terkait dengan Bahasa dan Sastra Indonesia

0 comments