Faktor yang Membuat Kamu Malas Membaca

yogananta damar | 10/15/2014 | 0 comments

 Faktor yang Membuat Kamu Malas Membaca

Sobat pernah merasa malas membaca? Atau memang tidak suka baca? Jangan-jangan, Sobat ini masuk deretan orang-orang poor grade. Poor grade adalah golongan orang orang yang memiliki kecepatan membaca sangat lemot alias siput alias ngesot.
Faktor yang mempengaruhi kesuksesan dalam belajar ialah kecepatan membaca buku. Membaca cepat sangat dibutuhkan, apalagi ketika kita berhadapan dengan banyaknya buku atau bahan belajar.
Berapa kah kecepatan standar untuk kecepatan efektif membaca (KEM)?

Kecepatan Efektif Membaca.
Tingkat Sekolah dan KEM yang Standar
a. SD           =          80–140 Kpm
b. SMP        =          140–175 Kpm
c. SMA         =          175–245 Kpm
d. PT            =          245–280 Kpm

Apa saja grade atau tingkatan orang dalam membaca?

1.Poor

Poor adalah keadaan dimana kecepatan membaca Sobat berada dilevel paling bawah. Pada level ini seseorang memiliki kecepatan membaca antara 1-150 kata/menit. Kalau sobat masuk level ini, silahkan bayangin berapa lama waktu yang dibutuhkan buat membaca 1 novel yang biasannya terdiri dari kurang lebih 40.000 kata. Oleh sebab itu orang dengan kemampuan membaca poor grade akan malas membaca karena dianggap membuang-buang waktu. Dan saya masuk level ini Sobat, padahal saya sudah kuliah. Pantas saya malas baca!

2. Average

Average adalah keadaan dimana kecepatan membaca Sobat berada diantara 150-300 kata/menit. Kalau Sobat masuk level ini berarti Sobat sudah masuk zona aman, mengapa? Ya, tentu karena sobat banyak temannya. Maksudnya bukan teman dalam artian friend, tapi teman dalam arti korban senasib level average.

3. Good

Good adalah keadaan dimana kecepatan membaca Sobat berada diantara 300-500 kata/menit. Ini nih kecepatan membaca profesor saya. Was wus. Pernah saya lihat dia baca buku seperti sedang lihat daftar isi.

4. Excelent 

Excelent adalah keadaan dimana kecepatan membaca Sobat berada diantara 500-750 kata/menit. Kalau Sobat masuk level ini saya amin deket banyak cewek. Lhoh kok bisa? Iya Sob, karena pasti Sobat orangnya pintar. Orang pintar biasannya dikerubungi Sob.

5. Unbelievable

Unbelievable adalah keadaan dimana kecepatan membaca Sobat berada diantara 750-1000 kata/menit. Kecepatan membaca ini sangat luar biasa. Tokoh-tokoh dunia seperti Theodore Roosevelt, John F. Kennedy, Jimmy Carter atau Indira  Gandhi konon memiliki kemampuan membaca mereka mencapai 1.000 wpm. Karena kemampuan membacanya yang luar biasa itulah mereka mampu mengambil keputusan secara cerdas, cepat, dan brilian. Bayangkan apabila kalian membaca sebuah novel yang umumnya memiliki jumlah kata sebanyak 40.000kata. Dengan kecepatan membaca tersebut tentu hanya membutuhkan waktu 40 detik untuk menyelesaikannya. Hahaha, hebat ya?

Category:

rumpunsastra.com:
Rumpunsastra.com menyediakan informasi terkait dengan Bahasa dan Sastra Indonesia

0 comments