Faktor Pengaruh Kecepatan Membaca

yogananta damar | 10/14/2014 | 0 comments

Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Membaca

Faktor yang mempengaruhi kesuksesan dalam belajar ialah kecepatan membaca buku. Membaca cepat sangat dibutuhkan, apalagi ketika kita berhadapan dengan banyaknya buku atau bahan belajar. Jadi bagaimanakah kemampuan membaca Sobat? Sudah sesuaikah dengan tingkat pendidikan kita sekarang, apakah sudah sangat cepat, biasa-biasa saja, atau malah sangat kurang?

Untuk menghitung kecepatan membaca Sobat silahkan tes kecepatan membaca Sobat, caranya klik di sini!

Sobat juga dapat mengitungnya secara manual. Berikut beberapa cara untuk mengukur dan mengetahui kemampuan membaca Sobat termasuk kategori yang apa. Misalnya jumlah kata yang Sobat baca berjumlah 500 kata dengan waktu baca yang ditempuh untuk menyelesaikan bacaan itu adalah 1 menit. Kecepatan membaca adalah 500 dibagi 1,5 menit sama dengan 333 kata/menit


Apa faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan membaca?

Tahap Awal

Pada tahap awal, tingkat kecepatan membaca berikaitan erat dengan faktor kesiapan membaca (reading readness). Enam hal yang dipandang penting dalam mempertimbangkan kesiapan membaca, yang terdiri dari
1)  fasilitas bahasa lisan
2)  latar belakang pengalaman
3)  diskriminasi auditori dan diskriminasi visual
4)  intelegensi
5)  sikap dan minat
6)  kematangan emosi dan sosial
 I Gusti Ngurah Oka (1983 : 26)

Faktor Penghambat

Faktor penghambat yang biasanya dilakukan pada saat membaca (pemahaman:
a) membaca dengan vokalisasi
b) membaca dengan gerakan bibir
c) membaca dengan gerakan kepala
d) membaca dengan menujuk baris bacaan
e) membaca dengan mengulang kata, atau baris bacaan (regresi)
f) membaca dengan subvokalisasi (melafalkan bacaan dalam batin atau pikiran)
g) membaca kata demi kata
h) membaca dengan konsentrasi yang tidak sempurna
i) membaca insidental

Teknik-teknik membaca cepat:

a.Teknik baca-pilih atau selecting, adalah  membaca bahan bacaan atau bagian bacaan yang dianggap relevan saja atau mengandung informasi yang dibutuhkan pembaca. Dalam hal ini, sebelum melakukan kegiatan membaca tersebut, pembaca telah melakukan pemilihan/seleksi bahan terlebih dahulu.
b.Teknik baca-lompat atau skipping, adalah membaca dengan loncatan. Yang dimaksud loncatan ialah, tidak menghiraukan bagian-bagian bacaan yang dianggap tidak relevan dengan keperluan pembaca atau bagian- bacaan yang sudah dipahami pembaca.
c.Teknik baca-layap atau skimming tehnik ini juga dikenal dengan istilah membaca sekilas, yaitu membaca dengan cepat atau menjelajah untuk memperoleh gambaran umum isi buku atau bacaan lainnya secara menyeluruh. Selain itu, teknik ini juga dapat dipergunakan sebagai dasar memprediksi (menduga), apakah suatu bacaan atau bagian-bagian tertentu dari bacaannya itu berisi informasi tertentu.
d.Teknik baca-tatap atau scanning atau dikenal juga dengan istilah baca sepintas, adalah teknik pembacaan sekilas cepat tetapi teliti. Maksudnya ialah untuk memperoleh informasi khusus dari bahan bacaan. Pembaca yang menggunakan teknik ini akan langsung membaca bagian tertentu dari bacaannya yang berisi informasi/fakta yang diperlukannya tanpa menghiraukan bagian-bagian lain yang dianggapnya tidak relevan. 

Category:

rumpunsastra.com:
Rumpunsastra.com menyediakan informasi terkait dengan Bahasa dan Sastra Indonesia

0 comments