Novel: Pengertian, Ciri-Ciri dan Unsur Pembangun

yogananta damar | 6/03/2015 | 0 comments

Novel 

Pengertian Novel

Dalam KBBI, novel dipahami sebagai karangan prosa yg panjang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya yang menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku.
Stanton, (2012) mengemukakan, apabila pada cerita pendek, kita hanya menemukan satu permasalahan tunggal, maka dalam novel, kita dapat menemukan berbagai komplikasi dan permasalahan. Karena bentuk novel yang panjang, novel tidak dapat mewarisi kesatuan padat seperti yang dipunyai cerpen. Topik di dalam novel juga tidak terlalu menonjol. Berbeda dari cerpen, novel mampu menghadirkan perkembangan karakter, situasi sosial yang rumit, hubungan yang melibatkan banyak karakter, dan berbagai peristiwa ruwet secara mendetail. 

Ciri-Ciri Novel

Ciri khas novel menurut Stanton (2012) terdapat pada kemampuannya untuk menciptakan satu semesta yang lengkap dan rumit. Novel juga terdiri dari beberapa bab. Setiap bab mengadung berbagai episode. Episode dan bab dalam novel sangat mungkin memiliki ketertarikan satu sama lain. Istilah episode dalam novel atau cerita fiksi hampir mirip dengan 'adegan' dalam drama. Pergeseran satu episode ke episode lain biasannya ditandai dengan pergeseran waktu, tempat, atau karakter-karakter.
Untuk dapat membaca novel dengan baik, pembaca harus sadar bagaimana setiap episode dalam novel saling berhubungan.

Unsur Pembangun Novel

Unsur pembaangun novel pada umumnya hampir mirip dengan unsur pembangun cerpen. Berikut unsur pembangun novel dapat dilihat di sini

 




Category:

rumpunsastra.com:
Rumpunsastra.com menyediakan informasi terkait dengan Bahasa dan Sastra Indonesia

0 comments