Berbagai Jenis Kecerdasan

yogananta damar | 10/16/2016 | 0 comments

Macam-Macam Jenis Kecerdasan

Selama ini kita mengenal yang namanya tes kecerdasan. Tes ini sering disebut juga tes IQ. Tes IQ biasanya dinyatakan dalam angka. Semakin besar nilai yang didapatkan, maka semakin cerdas seseorang. Namun, tahukah kamu ada berapa jenis kecerdasan yang dimiliki manusia?

Gardner,1993 menyimpulkan setidaknya ada tujuh jenis kecerdasan yang dimiliki setiap orang dalam tingkatan yang besar maupun kecil (Amstrongs, 2014:14).

Apa sajakah tujuh kecerdasan itu?

1. Kecerdasan Linguistik

Kecerdasan ini menyangkut pemahaman terhadap linguistik bahasa (fonologi, sintaksis, semantik, dan pragmatiknya). Orang dengan kecerdasan ini mampu untuk meyakinkan orang lain dengan bahasanya untuk mengingat informasi, menjelaskan ataupun mengomunikasikan pengetahuan, bahkan merenungkan bahasa itu sendiri. Contoh orang dengan kecerdasan ini adalah: pendongeng, orator, penyait, editor, novelis, dan sebagainya.

2. Kecerdasan Kinestetik-Tubuh

Kecerdasan ini memungkinkan untuk mengontrol gerakan tubuh dan daya kapasitas seseorang untuk mengatasi objek dengan terampil. Contoh orang dengan kecerdasan ini adalah aktor, pantomin, pengrajin, atlet, penari, dan pematung, dan sebagainya.

3. Kecerdasan Spasial

Kecerdasan ini memungkinkan untuk memahami dunia visual secara akurat, melakukan transformasi dan modifikasi terhadap persepsi awal seseorang, serta dapat menciptakan kembali aspek pengalaman visual seseorang. Contoh orang dengan kecerdasan ini adalah arsitek, pembuat peta, surveyor, penemu, seniman grafis, dan sebagainya..

4. Kecerdasan Musikal

Kecerdasan ini memungkinkan untuk memahami dan mengekspresikan komponen musik. Contoh orang dengan kecerdasan ini adalah komposer, pianis, pemain perkusi, kritikus musik, penyanyi, dan sebagainya.

5. Kecerdasan Logika-Matematis

Kecerdasan ini memungkinkan untuk memahami dan menggunakan struktur logika, termasuk pola dan hubungan, dan pernyataan dan proposisi, emlalui eksperimen, kuantifikasi, konseptualisasi, dan klasifikasi. Contoh orang dengan kecerdasan ini adalah ilmuwan, ahli matematika, ahli logika, programmer komputer, ahli statistik, dan sebagainya.

6. Kecerdasan Intrapersonal

Kecerdasan ini memungkinkan untuk mengakses kehidupan emosional seseorang melalui kesadaran perasaan batin, niat, motivasi, potensi, temperamen, dan keinginan, serta kapasitas untuk melambangkan pengalaman-pengalaman batin tersebut, dan untuk menerapkannya guna membantu orang lain dalam menjalani kehidupan. Contoh orang dengan kecerdasan ini adalah psikoterapis, wirausahawan, seniman kreatif, ahli pengobatan, dan sebagainya.

7. Kecerdasan Interpersonal

Kecerdasan ini memungkinkan untuk melihat dan membuat perbedaan di antara individu-individu lainnya yang berkaitan dengan suasana hati, temperamen, motivasi, niat; dan menggunakan informasi ini dengan cara yang pragmatis, seperti untuk membujuk, memengaruhi, memanipulasi, mediasi, atau memberikan nasihat untuk tujuan tertentu. Contoh orang dengan kecerdasan ini adalah pengurus serikat pekerja, guru, terapis, administrator, politikus, dan sebagainya.

8. Kecerdasan Naturalis

Kecerdasan ini memungkinkan untuk mengenali dan mengklasifikasikan bermacam-macam spesies flora dan fauna di lingkungan dan kemampuan untuk memelihara, menjinakan, berinteraksi secara halus dengan mahluk hidup serta seluruh ekosistem. Contoh orang dengan kecerdasan ini adalah ahli zoologi, ahli biologi, dokter hewan, polisi hutan, dan pemburu.


Acuan Penulisan:
Amstrong, Thomas. 2014. Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.


Category:

rumpunsastra.com:
Rumpunsastra.com menyediakan informasi terkait dengan Bahasa dan Sastra Indonesia

0 comments