Sinopsis Novel Percobaan Setia

yogananta damar | 6/02/2015 | 0 comments

Percobaan Setia

Pengarang  : Suman Hs
Penerbit      : Nusantara
Tahun          : 1961 (Cetakan IV)

Pengalaman baru yang didapat di desanya yang baru lama-lama menbuat Syamsudin bosan. Ia berkeinginan untuk merantau. Orang tua Syamsudin melepas anaknya pergi dengan berat hati.
Dalam perantauan, Syamsudin tinggal dan bekerja pada saudagar di Malaka. Ia sempat mengalami pengalaman pahit ketika tinggaldi Bengkalis. Untungnya saudagar kaya itu sangat baik, bahkan menganggap Syamsudin sebagai anaknya sendiri.
Syamsudin pernah menggagalkan kebakaran yang hampir melumatkan anak saudagar tersebut. Anak itu bernama Haji Salwiah. Hal inilah yang  membuat suami istri saudagat itu berkeputusan untuk menikahkan anaknya, Haji Salwiah dengan Syamsudin. Guna menghindari prasangka buruk dari orang-orang di sekitar, Syamsudin diperintahkan untuk menunaikan ibadah haji terlebih dahulu.
Dalam perjalanannya ke Mekkah, Syamsudin bertemu dengan sahabatnya. Jamin namanya, ia adalah sahabat karib Syamsudin. Suka duka mereka alimi berdua. Berbagai hal telah mereka lalui berdua. Misalnya saja waktu Syamsudin kecopetan. Jamin rela membantu Syamsudin berjualan.
Sepulang dari Mekah, Syamsudin menyempatkan diri menginap di Pulau Pinang sebelum melanjutkan perjalanan ke Malaka. Kali ini ia tidak bersama Jamin karena Jamin akan menuntuk ilmu di Mekkah. Di pulau itu, ia berkenalan dengan Abdulfatah. Abdulfatah mengaku sangat mengenal keluarga Haji Salwiah. Syamsudin banyak bercerita tentang rencana pernikahannya dengan Haji Salwiah kepada Abdulfatah.
Syamsudin sendiri tidak menyangka bahwa ternyata Abdulfatah menyimpan rasa terhadap Salwiah. Ketika mengetahui Syamsudin adalah calon suami Haji Salwiah timbul niat jahat. Syamsudin dibuatnya luka parah dalam tabrakan yang direkonstruksi oleh Abdulfatah. Selanjutnya, Abdulfatah menipu beberapa pihak dan hingga akhirnya keluarga Haji Salwiah menerima kabar bahwa Syamsudin telah meninggal.
Sahabat Syamsudin yang kala itu kembali ke tanah air terkejut bercampur geli ketika mengetahui keadaan Syamsudin. Apalagi setelah mengetahui pelakunya. Dengan kepandaian Jamin, ia membalas Abdulfatah. Ia memerdayainya sehingga semua rencara perkawinan Abdulfatah dengan Haji Salwiah berhasil digagalkan.

Karena sering melakukan penipuan, Abdulfatah akhirnya dihukum. Tuhan masih mencintai Syamsudin, begitu juga istrinya.

Category:

rumpunsastra.com:
Rumpunsastra.com menyediakan informasi terkait dengan Bahasa dan Sastra Indonesia

0 comments